Renungan Minggu
Pdt. Em. Wibisono Siswanto

Tuhan Dalam Rencanaku

Yakobus 4 : 13 – 17, Mazmur 62 : 10 – 11, Lukas 12 : 13 – 21

Banyak orang merasa bahwa Tuhan hanya memperhatikan hal-hal yang rohani dari hidup manusia, seperti hal ibadah dan pelayanan. Mereka merasa Tuhan tidak peduli dan tidak ikut campur untuk urusan duniawi, seperti hal-hal yang menyangkut keuangan, dsb. Oleh karena itu mereka lebih suka mengurus hal-hal duniawinya itu sendiri, tanpa pergumulan bersama dengan Tuhan.

Padahal dalam Doa Bapa Kami pun sebenarnya Tuhan mengingatkan kita untuk melibatkan-Nya dalam perkara duniawi, sebab pada dasarnya manusia itu serba terbatas dan membutuhkan kuasa Tuhan yang tidak terbatas.

Yakobus mengingatkan kita Jangan melupakan Tuhan dalam perencanaan; rupanya manusia bisa membuat program/rancangan tanpa melibatkan Tuhan, tetapi sebagai orang percaya kita diberi nasihat jangan melupakan Tuhan saat kita merancangkan segala sesuatu.

Yakobus menegaskan bahwa manusia itu tidak tahu dan tidak bisa memastikan hari esoknya; artinya sebaik-baiknya sebuah perencanaan dibuat, kita tidak bisa memastikan bahwa segala sesuatu akan berjalan seperti yang kita rencanakan. Manusia hanya dapat membuat rencana, namun Tuhan lah yang menjadi penentu dari segala sesuatu. Oleh karena kita tidak menguasai hari esok, maka penting sekali bagi kita untuk menyerahkan hidup dan perencanaan kita kepada Tuhan.

Marilah dalam momen bulan keluarga, kita libatkan Tuhan dalam perencanaan hidup keluarga kita “apa yang ingin kita lakukan bersama keluarga kita, , “apa yang Tuhan inginkan atas kita dan keluarga kita lakukan dalam kehidupannini” Selamat Melibatkan Tuhan dalam rancana kita dan keluarga kita. (WS)