Renungan Minggu

Kristus Raja

Kristus adalah Raja. Sejak Dia lahir, Raja Herodes ketakutan tersaingi, karena para Majus bertanya: ”Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu ? “(Mat 2:2). Di atas kayu salib, Yesus juga di sebut :”Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi”(Yoh 19:19).

Hari Raya Kristus Raja adalah Minggu terakhir (Minggu ke 34) dalam Tahun Gerejawi sebelum masuk ke Minggu Adven. Dalam P.L, gelar Raja biasa dipakai untuk Allah, bahwa Allah adalah Raja (Mzm 10:16). Dalam P.B. pusat pemberitaan Yesus adalah Kerajaan Allah. Yesus adalah Raja, tetapi Kerajaan Yesus bukan seperti kerajaan dunia. Kerajaan Yesus adalah seperti yang dikehendaki Allah.

Di hadapan Pilatus., Yesus berkata :”Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini(Yoh 18:36).

Apa makna Hari Raya Kristus Raja itu bagi kita ?

* Yesus Kristus yang kita percaya adalah Raja diatas segala raja (1.Tim 6:15; Wah 17:14, 19:16). Kekuasaan-Nya lebih tinggi daripada kekuasaan raja-raja dunia. Pilatus akhirnya mengakui Yesus adalah Raja.” Kata Pilatus:” Jadi Engkau adalah Raja?”(Yoh 18:37). Setiap orang bisa menjadi raja atas dirinya sendiri, tetapi sadarkah bahwa diatas kita masih ada raja atas kehidupan yang menentukan keselamatan hidup manusia? “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum” (Mk 16:16).

* Yesus Kristus yang kita percaya adalah Raja yang menjadi Hakim atas hidup kita.Pilatus semula mengadili Yesus, tetapi kemudian berbalik menjadi Pilatus yang diadili Yesus karena dia  harus memilih Yesus adalah Raya yang Kerajaan-Nya bukan dari dunia ini atau suara orang banyak. Jangan coba-coba memungkiri Pribadi Yesus yang sebenarnya, karena saatnya akan datang kita akan berhadapan dengan Dia sebagai Raja yang mengadili orang yang hidup dan yang mati.

* Yesus Kristus yang kita percaya adalah Raja yang datang ke dunia membawa kebenaran yang sejati. Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. (Yoh 14 : 6). Hanya orang yang mau berjalan dalam kebenaran akan mendengar suara Tuhan yang memimpin hidupnya kepada kekekalan. Jangan seperti Pilatus yang bertanya:” Apakah kebenaran itu ?” padahal Sang Kebenaran itu ada di hadapannya. (AGP)

PENGAKUAN BAHWA KRISTUS ADALAH RAJA AKAN MENEGUHKAN IMAN KITA BAHWA DIATAS KITA MASIH ADA YANG LEBIH BERKUASA ATAS HIDUP INI