Renungan Minggu
Pdt. Em. Andreas Gunawan

Hidup Yang Dipulihkan

Kata”dipulihkan” baru berarti ketika seseorang berada dalam kondisi gagal, sakit parah, hidup dalam keluarga yang retak serta berbuat dosa yang memalukan. Dipulihkan artinya dikembalikan seperti keadaan yang semula, diperbaiki dari kerusakan menjadi keadaan yang lebih baik.
Simon Petrus yang pernah menyangkal Tuhan Yesus dipulihkan dengan ditanyai kembali komitmennya untuk mengasihi Yesus lebih dari pada yang lain. Menyangkal tiga kali, ditanyai tiga kali dan Simon menjawab hanya Tuhan yang tahu bagaimana hatinya setelah dijumpai Yesus.
Saulus, yang semula adalah pembenci dan pembunuh pengikut Kristus, dipulihkan setelah dicegat Tuhan Yesus ditengah jalan ke Damsyik. Saulus sempat jatuh dari kudanya dan menjadi buta selama tiga hari.
Saulus yang kemudian bernama Paulus, dia dipakai Tuhan menjadi Pemberita Injil yang menjangkau diluar orang-orang Yahudi.
Bagaimana hidup yang dipulihkan Tuhan dan apa yang harus kita lakukan ?
* Tuhan memulihkan setiap orang dengan kasih-Nya. Saulus yang sangat membenci pengikut Kristus dibalas Tuhan Yesus dengan kasih-Nya. Dijumpai-Nya di tengah jalan ketika hatinya berkobar-kobar untuk membinasakan orang lain. Saulus jatuh dari kudanya dan beberapa hari buta. Dipulihkan Tuhan dengan cara yang keras. Simon yang pernah menyangkal Yesus, dipulihkan dengan cara yang lembut. Menyangkal tiga kali dibalas dengan kasih melalui pertanyaan tiga kali tentang komitmennya.
Tuhan bisa memakai cara yang keras tetapi juga cara yang lembut untuk membawa seseorang hidup benar atau kembali percaya kepada Tuhan. Anda mau pilih yang mana ?
* Tuhan memulihkan karena ada yang berharga dalam hidup kita. Sayang, jikalau Saulus yang terdidik dalam agama Yahudi dan giat dalam agamanya hanya dipakai untuk membenci dan membunuh orang yang tidak sepaham dengan dirinya. Sayang, jikalau Simon yang sudah diubah dari penjala ikan menjadi penjala manusia, hidupnya menyangkal Tuhan dan kembali ke masa lalu. Paulus dan Simon adalah orang-orang yang memiliki potensi terpendam dan sangat berharga di mata Tuhan. Tuhan pulihkan mereka karena potensi rohani itu bisa dipakai untuk kemuliaan Tuhan.
Kalau Anda orang yang berpotensi dengan talenta dan karunia Allah, jangan menolak kalau Tuhan memulihkan hidup Anda untuk dipakai sebagai alat –Nya. Kalau Anda sudah berjalan jauh menyimpang dari jalan Tuhan, jangan menolak jikalau Tuhan memulihkan sekarang. (AGP)

LEBIH BAIK DIPULIHKAN TUHAN SEKARANG DARIPADA
HIDUP INI BERAKHIR TANPA KENANGAN DIHATI BANYAK ORANG.