Renungan Minggu
Pdt. Em. Andreas Gunawan

Hidup Dalam Pengenalan Akan Kristus

Bagaimana orang muda mendapatkan pasangan hidupnya? Ada 6-P yang umumnya dilalui sebagai proses : Perkenalan, Pertemanan, Pendekatan (PDKT), Persetujuan, Pertunangan, dan Pernikahan. Sebuah ungkapan berbunyi : Tak Kenal, Maka Tak Sayang. Bagaimana kita bisa menjadi kenal dan kemudian saling menyayangi? Tema ibadah hari ini mengajak kita untuk belajar mengenal Kristus dengan benar sampai kita bisa menjadi mempelai Kristus.(Yoh 3: 29)
Dalam bacaan kita ada 2 (dua) kisah tentang pengenalan akan Kristus: 1). Pengenalan akan Kristus melalui perayaan /selebrasi (Yohanes 10 : 22-30 ) dan 2). Pengenalan akan Kristus melalui kehidupan nyata (Kisah Para Rasul 9 : 36-43).
Orang-orang Yahudi kental dengan perayaan-perayaan keagamaan seperti Paskah, Pentakosta, Pondok Daun, dan Penahbisan Bait Allah. Tetapi mereka tetap tidak percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang mereka nantikan. Mereka tidak menemukan Mesias dalam perayaan-perayaan itu sehingga masih bertanya apakah benar Yesus adalah Mesias itu.
Sebaliknya, di daerah Yope banyak orang menjadi percaya karena kesaksian seorang perempuan bernama Tabita (Dorkas), seorang penjahit pakaian yang benar-benar hidupnya bisa diteladan. Dorkas pernah mati, tetapi dibangkitkan oleh rasul Petrus. Peristiwa ini membuat Injil tersebar dan banyak orang mengenal Kristus. Petrus sempat beberapa hari di Yope untuk mengajar orang-orang yang baru percaya.
Mari renungkan, mana yang membuat kita makin mengenal Kristus ?
– Apakah dalam ibadah rutin yang kita hadiri setiap hari minggu atau hari besar Kristen yang lain? Apakah Anda mengalami kehadiran Tuhan dalam ibadah melalui Pujian, Khotbah, Kuasa Roh Kudus yang bekerja ? Atau pulang dengan hati hampa?
– Atau melalui kesaksian hidup seorang Kristen yang selalu belajar Firman Tuhan dan benar-benar menaati ajaran Tuhan dalam hidupnya?. Adakah Anda sendiri merasakan campur tangan Tuhan dalam hidup ini sehingga pengenalan Anda akan Tuhan semakin kental dan mendalam?
Tuhan Yesus berkata bahwa setiap orang yang mengenal nama Yesus, dan melihat apa yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus, tetapi tetap tidak mau percaya, maka orang itu disebut : TIDAK TERMASUK DOMBA-DOMBA-KU.Percuma kalau hanya kenal tetapi tidak makin cinta dan percaya kepada Tuhan Yesus . (AGP)

TEMUKAN YESUS DALAM SETIAP IBADAH DAN KEHIDUPAN KITA SEHARI-HARI.
DIA SELALU HADIR DI GEREJA ATAU DI MANA SAJA KITA BERADA.