Renungan Minggu
Ester Johanah

Engkau Yang Akan Datang

Engkau yang akan datang adalah judul yang sangat tepat bagi fokus semua ayat dalam bacaan leksionari kita Minggu ini. Ada apa dan apa yang akan terjadi saat DIA datang? Mengapa kedatangan-Nya begitu dinantikan oleh umat yang percaya kepada-Nya?

• Yesaya 35:1-10, Tuhan datang untuk menguatkan umat-Nya yang sedang tawar hati karena terancam hidupnya. Yes 35:4 Katakanlah kepada orang-orang yang tawar hati: “Kuatkanlah hati, janganlah takut! Lihatlah, Allahmu akan datang dengan pembalasan dan dengan ganjaran Allah. Ia sendiri datang menyelamatkan kamu!”
• Mazmur 146:5-10, Tuhan datang sebagai penolong umat yang telah diperlakukan semena-mena namun tetap hanya berharap kepada-Nya. Maz 146:5 Berbahagialah orang yang mempunyai Allah Yakub sebagai penolong, yang harapannya pada TUHAN, Allahnya.
• Yakobus 5:7-10, Tuhan datang untuk mewujudkan harapan mereka yang tekun dan sabar dalam penderitaan. Yak 5:7 Karena itu, saudara-saudara, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.
• Matius 11:2-11, Tuhan datang untuk meninggikan mereka yang telah dianiaya karena kebenaran. Mat 11:11a Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis.

Tidak selamanya anak Tuhan yang berlaku benar akan diterima dengan baik oleh dunia. Sebaliknya bahkan seringkali diperlakukan buruk oleh mereka yang buruk hati. Janganlah tawar hati karenanya! Marilah bersabar, tekun, dan tetap teguh dalam iman kepada Kristus. Janji kedatangan Kristus yang pertama yang telah dinubuatkan oleh para nabi, telah digenapi. Demikian juga janji firman Tuhan akan kedatangan Kristus yang kedua kali, pasti digenapi. Dan saat Ia datang kembali, pemulihan dan kemenangan umat Tuhan pasti disempurnakan. -Ejo