Renungan Minggu
Pdt. Em. Andreas Gunawan

Datangnya Zaman Baru

Meneropong adalah melihat benda pada jarak jauh dari tempat dimana kita berada. Apa yang kita teropong menjadi nampak  jelas bahkan indah sekali. Nabi Yesaya dan Yohanes Pembaptis sedang menggunakan teropong ilahi untuk melihat suatu zaman baru.

Menurut Whiteman (1998),kita saat ini sedang hidup di zaman yang disebut VUCA WORLD. VUCA adalah singkatan dari Volatile,mudah berubah;Uncertain,tidak mudah diprediksi; Complex,rumit; Ambiguous, multitafsir. Dalam minggu Adven ini kita yang hidup di zaman VUCA diminta untuk melihat jauh ke depan. Yesaya melihat akan hadir sosok dari keturunan Isai yang hidupnya penuh dengan Roh Tuhan (Yes 11:2).Yohanes Pembaptis melihat akan hadir sosok yang mengubah keadaan manusia dengan baptisan Roh Kudus dan api yang memurnikan (Mat 3:11). Whiteman hanya melihat dunia hari ini, sedang Yesaya dan Yohanes Pembaptis melihat jauh ke depan dan sedang berlangsung ke arah sana.

Menuju kepada zaman baru, maka inilah yang harus kita lakukan mulai sekarang :

*Perubahan pikiran. Yohanes berkata :”Bertobatlah sebab Kerajaan Sorga sudah dekat”(ayat 2). Pertobatan  adalah perubahan akal budi.Bukan hanya untuk menyambut Yesus lahir, tetapi karena Kerajaan Sorga sudah dekat. Perubahan akal budi akan menuntun orang untuk hidup berpusat pada Allah bukan pada diri sendiri. Bagaimana hidup kita selama ini? Adakah pikiran kita sudah berubah untuk menempatkan Tuhan diatas segala-galanya dalam hidup kita?

*Perubahan hati.Perubahan pikiran menghantar seseorang kepada perubahan hati. Orang-orang yang mendengar khotbah Yohanes mengaku dosa mereka dan meminta diri untuk dibaptis.(ayat 6).Bagaimana

reaksi Anda ketika mendengar khotbah di gereja atau ketika membaca sebuah renungan Firman Tuhan?

Ibarat orang bermain pedang dengan perisainya, masih banyak yang Anda tolak atau Anda terkena tusukan Firman itu lalu berubah hati?. Tahun ini adakah yang sudah berubah dalam hidup Anda?

*Perubahan hidup.”…..hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan”(ayat 8). Jangan menyebut diri Kristen jikalau belum ada bukti Anda berubah dalam tingkah laku hidup ini. Jangan seperti orang-orang di zaman Yohanes yang mengaku diri “anak-anak Abraham”. Yohanes dengan berani menyebut mereka sebagai “keturunan ular beludak” (ayat 7). Jauhkan sebutan ini dari hidup Anda!   (AGP)

 

HANYA PATUNG YANG TIDAK PERNAH BERUBAH DALAM HIDUP INI
KETIKA BERHADAPAN DENGAN TUHAN YESUS.