Renungan Minggu
Pdt. Ibu Rinta Kurniawati Gunawan

Berjumpa Tuhan Dalam Ziarah Kehidupan

Apakah Anda pernah berjumpa dengan Tuhan? Hmm….bagaimana mungkin, Tuhan kan tidak kelihatan?! Mungkin sebagian diantara kita berpikir bahwa perjumpaan dengan Tuhan adalah perjumpaan secara fisik, berhadapan wajah. Maka jika kita belum pernah bermimpi atau mendapat penglihatan tentang Tuhan, atau setidaknya mendengar suara-Nya, sulit bagi kita untuk mengatakan bahwa kita telah berjumpa dengan Tuhan.
Melalui Alkitab kita dapat mengetahui tokoh-tokoh hebat yang mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan. Misalnya para nabi seperti Musa, Elia, Yesaya, Yeremia, dll yang bercakap-cakap secara langsung dengan Tuhan. Kedua belas rasul bahkan langsung bertemu dengan Tuhan dalam diri Yesus. Tetapi bagaimana dengan Paulus dan Daud? Paulus hanya bertemu Tuhan melalui cahaya yang menyilaukan dan mendengar beberapa kalimat langsung dari Tuhan, namun setelah itu tidak ada lagi percakapan langsung semacam itu. Sedangkan Daud, bahkan tidak pernah mendengar langsung suara Tuhan ataupun mendapat penglihatan. Tapi mengapa ia bisa menciptakan ratusan pujian, menunjukkan kualitas iman yang kokoh, dan melakukan banyak perkara besar?
Kuncinya ada pada dialog batin yang intens dengan Tuhan. Kesediaan untuk memahami maksud di balik setiap peristiwa dan siapa yang bekerja di balik semuanya itu. Mazmur 139 memperlihatkan hasil pergumulan Daud selama hidupnya. Daud setia merenungkan firman Tuhan, Daud selalu mencari Tuhan saat ia menghadapi masalah, Daud juga selalu bersyukur saat meraih keberhasilan. Pada akhirnya, Daud menemukan bahwa hanya Tuhanlah yang selalu hadir dalam ziarah kehidupannya. Dari sejak dalam kandungan hingga pengurapannya sebagai raja, dalam pelariannya menghindari musuh hingga akhir hidupnya, hanya Tuhanlah yang selalu besertanya. Ya, Daud telah benar-benar berjumpa dengan Tuhan melalui berbagai macam peristiwa hidupnya. Perjumpaan itulah yang mengubah hidupnya menjadi pribadi yang tangguh dan setia, pribadi yang penuh syukur dan tekun melayani Tuhan. Rindukah kita mengalami perjumpaan dengan Tuhan dalam ziarah kehidupan kita? Tuhan Yesus menolong kita. (RKG)