Renungan Minggu
Pdt. Ibu Rinta Kurniawati Gunawan

Allah Memanggil Orang Muda

Pada hari ini dilaksanakan Pertukaran Pelayan Kebaktian (PPK) GKI Sinode Wilayah Jawa Tengah. Sebuah kegiatan rutin tahunan untuk saling mengenal antar Jemaat dalam lingkup GKI Sinwil Jateng. Dalam rangka PPK ini dipilihlah sebuah tema “Allah Memanggil Orang Muda untuk Mewujudkan Tanda-tanda Kerajaan Allah”. Pendeknya, tema ini mau mengingatkan bahwa Allah juga memanggil orang-orang muda untuk ikut berkarya dalam pekerjaan-Nya. Untuk itu, gereja seharusnya bisa memberi ruang dan memotivasi para kaum muda di gerejanya agar dapat ikut terlibat serta memberikan kontribusi yang besar.
Munculnya tema ini mengindikasikan bahwa gereja sedang “kehilangan” kaum mudanya. Ada banyak gereja mengeluh sedikitnya jumlah pemuda di tempatnya, baik di gereja besar maupun gereja kecil. Ada apa gerangan? Apakah memang kaum muda yang tidak lagi mau ke gereja? Atau gereja yang tidak memberi ruang yang pas untuk mereka?
Zaman terus bergerak mengalami perubahan, pergumulan dan tantangan yang dihadapi generasi masa kini juga berubah, maka kebutuhannya pun pasti berubah. Jika gereja tidak mau berubah dalam menjawab kebutuhan kaum muda zaman ini, bagaimana mungkin mereka akan merasa nyaman untuk bergereja; apalagi untuk ikut melayani? Orang-orang dewasa dan lanjut usia sebagai generasi pertama dalam sebuah gereja, mesti menyadari hal ini dan harus segera melakukan perubahan agar dapat memberi ruang pertumbuhan dan ruang gerak yang pas bagi generasi penerusnya.
Kita bisa belajar dari Paulus sebagai orang dewasa yang mau mempercayai orang muda, yakni Timotius. Paulus menyadari bahwa sebagai orang muda, Timotius belum memiliki banyak pengalaman. Namun itu bukan penghambat bagi Paulus untuk mempercayakan pekerjaan Tuhan kepadanya. Kesadaran itu justru mendorong Paulus untuk memberikan motivasi dan dukungan doa agar Timotius tidak gentar dalam menghadapi tantangan yang ada, sekaligus memberikan bimbingan dan nasihat agar tugas yang diembannya dapat berhasil dengan baik. Kerjasama yang baik antara generasi pendahulu dan generasi penerus inilah yang membuat Injil dapat terus diberitakan dan kemuliaan Tuhan dapat semakin dinyatakan melalui gereja-Nya. Rindukah kita mengalami hal serupa? Lakukanlah sesuatu! Tuhan Yesus memberkati. (RKG)