arsip

Archive for August 2019

Tuhan Meninggikan Orang Yang Rendah Hati

Saudara pernah marah-tersinggung hanya karena sebuah kata yang ketus? Bahkan mungkin  saudara sakit hati sampai bertahun-tahun. Apa yang menyebabkan orang marah-tersinggung? Mungkin kita akan menjawab kata-kata itu sungguh amat menyakitkan. Benarkah  kata-kata itu yang menyakitkan ? Atau pribadi kitakah yang lemah ? Bukan….. Mungkin kita bukanlah pribadi yang lemah dan kata-kata ketus itupun tidak ada … Continue reading »

Tuhan, Pulihkan Kami

Tuhan, Pulihkan Kami

Sesudah kejatuhan Yerusalem 586 SM maka menjadi kebiasaan Yehuda melakukan puasa dalam bulan keempat, kelima, ketujuh dan kesepuluh (Zak 8:19). Puasa itu dirayakan dengan kegirangan dan sukacita sebagai wujud kecintaan terhadap kebenaran dan kedamaian. Mereka mempersembahkan kurban dan melakukan upacara – upacara keagamaan dengan disiplin. Meski demikian keadaan bangsa itu tak kunjung merasakan kedamaian dan … Continue reading »

Mensyukuri Kemerdekaan Dan Mengapresiasi Negeri

Mensyukuri Kemerdekaan Dan Mengapresiasi Negeri

Sejak awal Bangsa Indonesia menyadari bahwa keberadaannya dimungkinkan oleh karena campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itulah alenia ketiga dalam Pembukaan UUD 1945 berbunyi, ‘Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur, supaya kehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya’. Kemerdekaan yang diproklamirkan oleh Bangsa … Continue reading »

Iman Yang Memerdekakan

Iman Yang Memerdekakan

Surat Ibrani ditulis kepada orang – orang Kristen Yahudi yang sedang mengalami penganiayaan. Karena penganiayaan itu mereka mengalami kekhawatiran dan keputusaan. Iman mereka mulai tergoncang dan beberapa diantaranya di ambang kemurtadan.  Penulis  Ibrani yang mendengar hal ini memberi penguatan agar mereka tetap berpengharapan dan teguh dalam iman mereka. Penulis menampilkan tokoh – tokoh Perjanjian Lama … Continue reading »

Merdeka Untuk Berbagi

Merdeka Untuk Berbagi

Di dunia ini ada orang – orang yang tidak memiliki keadilan dan kasih sayang sama sekali. Mereka ‘memangsa’ orang yang seharusnya mereka tolong dan lindungi. Bahkan tak sedikit yang memanfaatkan orang lain untuk melancarkan aksinya. Inilah yang terjadi pada seorang yang datang pada Yesus. Ia tahu bahwa Yesus punya wibawa, punya kuasa dan perkataan-Nya dapat … Continue reading »