arsip

Archive for 2019

Iman Kepada Allah Yang Hidup

Bagaimana sikap kita dalam menghadapi hidup selama ini? Apakah kita cenderung aktif atau pasif? Selalu berusaha optimis dan berpikir positif atau pesimis dan berpikir negatif? Apakah kita lebih banyak bersyukur atau mengeluh dan iri? Lebih sering kuatir atau penuh harapan? Lebih mudah sedih atau penuh semangat? Semua sikap tersebut akan menentukan sikap kita dalam menghadapi … Continue reading »

Membenci Dosa, Mengasihi Pendosa

Membenci Dosa, Mengasihi Pendosa

Apakah Anda suka durian? Saya yakin banyak yang menjawab, “suka” atau bahkan “suka banget!” dengan wajah berbinar-binar. Mengapa Anda menyukainya? Bukankah kulitnya berduri dan menyakitkan jika mengenai kulit kita? Tentu saja para durian lovers akan langsung mengajukan pembelaan: “Kan kita tidak makan kulitnya, melainkan daging buahnya!” Ok, jadi kita bisa sepakat bahwa meskipun ada bagian … Continue reading »

Forgiving And Forgiven

Forgiving And Forgiven

Penerimaan dalam pengampunan Sepanjang Bulan Keluarga ini kita telah melihat lika-liku pergumulan keluarga Ishak dan Ribka, dengan kedua anak kembar mereka, Esau dan Yakub. Setelah melalui waktu yang panjang lebih dari dua puluh tahun lamanya, akhirnya, relasi Esau dan Yakub yang penuh dengan ketegangan itu ditutup dengan akhir yang bahagia. Meskipun Yakub masih penuh ketakutan … Continue reading »

Face It !

Face It!

Jangan lari dari masalah Mana yang lebih sering kita lakukan: menghadapi, atau lari dari masalah? Menghadapi masalah bukanlah sesuatu yang selalu mudah. Saat masalah besar terjadi, saat ada perasaan terancam, saat seseorang mulai menghitung-hitung dan menyimpulkan bahwa ia tidak cukup kuat untuk menghadapi pihak yang menyudutkannya – dalam situasi-situasi seperti itu tidak jarang orang lebih … Continue reading »

The Blame Game

The Blame Game

Bisakah masalah kita selesai dengan saling menyalahkan? “Salah siapa?” – Pertanyaan ini sering muncul ketika sebuah persoalan terjadi. Juga di dalam keluarga, seringkali lebih mudah bagi kita untuk mulai mengurai suatu persoalan dengan mencari siapa yang menyebabkan persoalan ini muncul. Tidak jarang, dalam sebuah persoalan relasi, yang terjadi adalah saling tuding, saling menyalahkan, saling menuntut … Continue reading »

Everyone Is A Blessing