arsip

Archive for 2019

Aku Mau Ramah

Aku Mau Ramah

Bersikap ramah itu mencerminkan  karakter Kristus dalam hidup kita. Berlaku Ramah itu akan terjadi apabila kita bersedia untuk menganggap yang lain lebih utama  dan kita mau  memperhatikan kepentingan orang lain. Lukas menuliskan kisah Maria dan Martha setelah  perumpamaan “Orang Samaria yang murah hati” (10: 25-37).  Tidak cukup hanya mengenal dan mengetahui tentang kebenaran firman Tuhan, … Continue reading »

Firman Yang Menumbuhkan Belas Kasih

Firman Yang Menumbuhkan Belas Kasih

Apakah tandanya seseorang dapat dikatakan sebagai anak Tuhan yang  mengenal Allah dengan baik? Dia tidak hanya mengasihi Allah tapi juga sesamanya. Gereja yg hidup adalah Gereja yg bukan sekedar memperhatikan aspek  ritual – religiusitas tetapi Gereja yg menghadirkan Kasih dalam kehidupan spiritualnya. Syarat untuk mendapatkan hidup yang kekal itu adalah : “: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, … Continue reading »

Berkarya Bersama

Berkarya Bersama

Dalam sebuah komunitas dan dalam Hidup berorganisasi memang tidaklah mudah, semakin besar komunitas semakin banyak yg perlu dilibatkan dalam karya yg harus dikerjakan. Semakin banyak orang yg terlibat semakin banyak perbedaan yg ada, perbedaan karakter atau kepribadian, perbedaan konsep berpikir, perbedaan selera, perbedaan pendidikan dan banyak perbedaan yang lainnya akan sangat mempengaruhi dalam kita menunaikan … Continue reading »

Melepaskan Kenyamanan Demi Ketaatan

Melepaskan Kenyamanan Demi Ketaatan

Masih dalam rangkaian menggumuli hidup Kristiani terkait dengan isu lingkungan hidup, tema minggu ini menyoroti dua kata kunci yang diletakkan “berseberangan” yaitu, kenyamanan dan ketaatan. Mari bongkar soal ketaatan dulu. Ketaatan seorang Kristen menunjukkan gaya hidup yang tunduk pada firman Tuhan. Apa yang baik, apa yang benar, yang Tuhan perintahkan, yang Tuhan kehendaki haruslah diikuti … Continue reading »

Menjangkau Yang Tak Terjangkau

Menjangkau Yang Tak Terjangkau

Saking terbatasnya manusia, banyak hal jadinya sulit untuk dijangkau atau bahkan tidak terjangkau sama sekali oleh manusia. Penyebabnya banyak, tetapi biasanya yang utama adalah jarak. Jarak di sini bisa bermacam-macam: jarak secara lokasi geografis, jarak karena waktu, jarang karena kesempatan. Yang pasti antara yang hendak dijangkau oleh manusia dengan manusianya itu sendiri terpisahkan sehingga menjadi … Continue reading »