arsip

Archive for

Pengharapan Yang Terpenuhkan

Ketika seorang anak kecil baru bisa berjalan, seringkali ia akan pergi ke sana ke mari meninggalkan orang tua yang biasa menggendongnya, karena tertarik oleh hal-hal yang ada di sekitarnya. Namun ketika ia menemui hal-hal yang membuatnya takut, atau merasa capek, barulah ia kembali pada orangtuanya dan minta digendong lagi. Anak kecil tahu bahwa orang tua … Continue reading »

Dalam Badai Tuhan Bertindak

Dalam Badai Tuhan Bertindak

Ayub adalah orang yang berbudi baik dan mempunyai kekayaan yang sangat banyak tetapi kemudian mengalami musibah yang hebat. Ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya. Ia dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Teman – teman Ayub menurut agama tradisional menjelaskan bahwa orang mengalami penderitaan itu karena hukuman Allah atas perbuatan jahatnya. Bildad salah satu temannya … Continue reading »

Usia Indah

Usia Indah

Bagi orang Yunani kuno pohon sesawi dianggap sebagai pohon keramat. Karena itulah mereka memakainya dalam pemujaan dewa mereka. Dewa Afrodite atau Dewi Cinta. Bagi orang Israel pohon sesawi memiliki arti penting. Dahan – dahannya digunakan membuat pondok pada Hari Raya Pondok Daun. Pohon ini mengingatkan Bangsa Israel kebaikan Allah. Pohon sesawi, meski kecil tetapi daunnya … Continue reading »

Bila Ditolak Dan Dilukai

Bila Ditolak Dan Dilukai

Pada tahun 60-an masehi, orang – orang percaya diperlakukan secara kejam olah masyarakat lainnya. Banyak di antara mereka yang disiksa dan dibunuh di bawah pemerintahan Kaisar Nero, termasuk Petrus dan Paulus. Yohanes Markus yang hidup di zaman itu digerakkan untuk menulis Injil Markus. Maksudnya sebagai tanggapan penggembalaan terhadap penganiayaan ini. Ia ingin agar dasar iman … Continue reading »

Sabat Untuk Semua

Sabat Untuk Semua

Syabat berarti berhenti atau melepaskan. Alkitab mencatat bahwa satu dari tujuh hari harus diindahkan sebagai hari suci bagi Allah. Karena Allah berhenti dari pekerjaan-Nya dalam penciptaan. Istilah sabat adalah istilah yang sangat manusiawi, sebab Allah bukanlah pekerja yang lelah, yang memerlukan istirahat. Pola ini ditetapkan Allah untuk diikuti manusia. Sabat di Alkitab juga dikaitkan langsung … Continue reading »