arsip

Archive for

Usia Indah

Bagi orang Yunani kuno pohon sesawi dianggap sebagai pohon keramat. Karena itulah mereka memakainya dalam pemujaan dewa mereka. Dewa Afrodite atau Dewi Cinta. Bagi orang Israel pohon sesawi memiliki arti penting. Dahan – dahannya digunakan membuat pondok pada Hari Raya Pondok Daun. Pohon ini mengingatkan Bangsa Israel kebaikan Allah. Pohon sesawi, meski kecil tetapi daunnya … Continue reading »

Bila Ditolak Dan Dilukai

Bila Ditolak Dan Dilukai

Pada tahun 60-an masehi, orang – orang percaya diperlakukan secara kejam olah masyarakat lainnya. Banyak di antara mereka yang disiksa dan dibunuh di bawah pemerintahan Kaisar Nero, termasuk Petrus dan Paulus. Yohanes Markus yang hidup di zaman itu digerakkan untuk menulis Injil Markus. Maksudnya sebagai tanggapan penggembalaan terhadap penganiayaan ini. Ia ingin agar dasar iman … Continue reading »

Sabat Untuk Semua

Sabat Untuk Semua

Syabat berarti berhenti atau melepaskan. Alkitab mencatat bahwa satu dari tujuh hari harus diindahkan sebagai hari suci bagi Allah. Karena Allah berhenti dari pekerjaan-Nya dalam penciptaan. Istilah sabat adalah istilah yang sangat manusiawi, sebab Allah bukanlah pekerja yang lelah, yang memerlukan istirahat. Pola ini ditetapkan Allah untuk diikuti manusia. Sabat di Alkitab juga dikaitkan langsung … Continue reading »

Mengimani Trinitas, Membangun Komunitas

Mengimani Trinitas Membangun Komunitas

Pemahaman dan penghayatan seseorang tentang konsep keiilahian dalam agama yang dianutnya sangat mempengaruhi cara pandang orang itu terhadap dunia dan sesama. Dan itulah yang dapat kita lihat serta saksikan dalam peristiwa bom bunuh diri yang marak terjadi akhir-akhir ini. Cara pandang terhadap Tuhan dalam dogma-dogma yang diyakini sebagai sebuah kebenaran mutlak akan mengubah diri seseorang … Continue reading »

Pentakosta, Roh Kudus Menyapa Bangsa-Bangsa

Roh Kudus Vs Roh Hedonis

Roh Kudus Menyapa Bangsa-Bangsa

Peristiwa bom yang meledak di kota surabaya di beberapa gereja dan tempat lainnya, cukup merisaukan masyarakat luas. Sangat nyata bahwa kebhinekaan dan rasa kesatuan ingin di koyakkan dengan arogansi primordial kelompok-kelompok radikal tertentu. Kepelbagaian atau keberagaman yang Tuhan anugerahkan kepada bangsa indonesia sebagai suatu keindahan yang menakjubkan, yang tidak dipunyai negara-negara lain justru tidak dilihat … Continue reading »