arsip

Archive for

GKI Berkarya Dalam Keberagaman

GKI Berkarya Dalam Keberagaman

Gereja Kristen Indonesia awalnya bernama THKTKH (Perkumpulan Orang Tionghoa). Barulah pada Tahun 1956 berubah menjadi Gereja Kristen Indonesia (GKI) dari sebuah kesadaran bahwa gereja bukan hanya untuk salah satu etnis saja. Bahasa yang digunakan pun berubah dari Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia. GKI telah menjelma menjadi salah satu gereja besar yang melayani siapa pun tanpa … Continue reading »

Mengisi Kemerdekaan

Mengisi Kemerdekaan

Betapa menyakitkannya menjadi orang yang tertindas. Karena itulah Yesus datang untuk sebuah pembebasan. Saat pertama kali membacakan Firman Tuhan di depan umum, Ia memulai dengan nubuat yang digenapi-Nya. …Ia telah mengurapi Aku… untuk memberitakan pembebasan bagi orang-orang tawanan (Luk 4:16). Kata-Nya pula, Ia datang untuk menjatuhkan ‘penguasa dunia ini’ dan untuk membebaskan tawanan-tawanannya (Yoh 12:31). … Continue reading »

Allah Hadir Untukmu

Allah Hadir Untukmu

Vernon J Charlesworth lahir di Inggris 28 April 1838. Selama hidupnya ia bekerja di Sekolah Charles Spurgeon’s Stockwell sekolah yang khusus didirikan bagi anak-anak yatim. Ia sendiri memiliki sembilan anak yang semuanya tinggal bersamanya. Ia melihat kepedihan dalam hati mereka yang hidup tanpa orang tua, tanpa tempat tinggal, kekurangan makan, tanpa perlindungan dan lain-lain. Meski … Continue reading »

Belarasa Dengan Ucapan Syukur

Belarasa Dengan Ucapan Syukur

Ketika Yohanes Pembabtis baru saja dieksekusi oleh Herodes maka sasaran selanjutnya adalah Yesus. Karena itulah, saat Yesus mendengar tentang kematian Yohanes menyingkirlah Ia. Ia bermaksud mengasingkan diri ke tempat yang sunyi. Tetapi hal itu diketahui oleh banyak orang. Orang-orang yang pasti sebagian besar juga mengetahui peristiwa pembunuhan Yohanes. Mereka mungkin saja mencoba untuk mencari perlindungan. … Continue reading »