arsip

Archive for

Pola Hidup Kerajaan Allah

Pola Hidup Kerajaan Allah

Apa yang kita pikirkan ketika membaca tema “Pola Hidup Kerajaan Allah?” Mungkin kita akan berpikir bahwa Kerajaan Allah adalah suatu hal yang ada di masa mendatang dan masih jauh dari kehidupan kita saat ini. Nyatanya, Kerajaan Allah tidak hanya berbicara tentang masa depan, namun juga berbicara tentang masa kini. Kerajaan Allah pada masa depan adalah … Continue reading »

Ugahari Sedari Dini

Ugahari Sedari Dini

Mungkin kita masih asing dengan istilah ugahari. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, ugahari berarti sedang, atau sederhana. Gaya hidup ugahari bukan bicara soal banyak sedikitnya harta yang kita miliki, namun bagaimana kita menjalani hidup ini dengan sederhana atau bersahaja. Meskipun memiliki banyak uang, namun tidak menggunakannya dengan boros untuk membeli apapun yang kita senangi. Atau … Continue reading »

Berbuah Berlipat Ganda

Berbuah Berlipat Ganda

Ketika Yesus mengajar, Ia seringkali menggunakan perumpamaan-perumpamaan untuk menyampaikan maksud ajaran-Nya. Perumpamaan tersebut menggunakan benda-benda yang ada di sekitar kita seperti, benih, buah, lilin, garam, dan sebagainya. Mengapa Yesus memakai perumpamaan dari benda-benda tersebut? Jika kita perhatikan, benda-benda yang Yesus sebutkan di dalam perumpamaan-Nya adalah benda-benda kecil yang nilai jualnya tidak besar, namun dapat memiliki … Continue reading »

Terbuka Pada Cara Kerja Allah

Terbuka Pada Jalan Allah

Sebuah kota dilanda banjir besar. Air sudah menyentuh atap rumah sehingga penduduk harus segera mengungsi untuk menyelamatkan diri. Banyak orang berdiri di atas atap rumah, menunggu diselamatkan oleh para relawan yang bertugas mengevakuasi. Saat itu ada seorang bapak yang juga berada di atap untuk menghindari air yang hampir sudah mencapai atap rumahnya. Bapak itu yakin … Continue reading »

Keramahan Kepada Orang Kecil

Keramahan Kepada Orang Kecil

Dorothy Day adalah seorang yang aktif dalam pelayanan sosial kepada orang-orang miskin dan terbuang, serta pendiri dari surat kabar Catholic Worker. Ia memulai pelayanannya kepada orang miskin sejak muda karena ia melihat Allah di dalam diri orang-orang miskin tersebut. Maka ia berusaha sekuat mungkin untuk merawat, memberi makan dan tumpangan, serta mencarikan dana untuk memelihara … Continue reading »