arsip

Archive for

Kemuliaan Tuhan Memulihkan Kehidupan

Kemuliaan Tuhan Memulihkan Kehidupan

Sebagai sosok yang termulia, banyak orang beranggapan kalau Tuhan akan menunjukkan kehadiran-Nya melalui cara-cara yang dahsyat dan luar biasa seperti tanda-tanda alam yang mencengangkan (api, angin, cahaya, dsb) atau mujizat-mujizat penyembuhan yang melampaui logika manusia. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun, memahami konsep tersebut secara berlebihan malah membuat manusia sulit membayangkan kehadiran Tuhan … Continue reading »

Melepas Keinginan Membalas

Melepas Keinginan Membalas

Berkuasanya Nelson Mandela sebagai Presiden Afrika Selatan tahun 1994 membuat rakyat Afrika Selatan yang berkulit putih gusar. Mereka khawatir jika Mandela akan melakukan pembalasan terhadap orang-orang kulit putih yang sudah menindas orang-orang kulit hitam selama periode politik Apartheid. Mandela memang melakukan pembalasan, tetapi tindakan pembalasan Mandela di luar dugaan semua orang. Mandela malah melibatkan orang-orang … Continue reading »

Memilih Kehidupan

Memilih Kehidupan

Dalam keseharian, manusia selalu diperhadapkan pada berbagai macam pilihan, mulai dari bangun sampai tidur kembali. Walau kita mengalaminya setiap hari, tidak sedikit dari kita yang menyatakan bahwa memilih bukanlah pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kita mengalami masalah dan pergumulan hidup. Salah satu yang membuat memilih menjadi pekerjaan yang sulit adalah kekhawatiran jika kita salah/keliru dalam … Continue reading »

Pancarkan Terangmu!

Pembuangan di Babel menjadi periode kelam bagi bangsa Israel. Karena itu, mereka menantikan Allah memancarkan terang-Nya. Penantian ini membuat bangsa Israel berupaya mendekatkan diri pada Allah melalui berbagai ritual ibadah, salah satunya berpuasa. Namun Allah tetap diam dan seolah tidak peduli terhadap seruan mereka (Yes. 58:3a). Dalam kondisi inilah Allah menyatakan firman-Nya melalui Yesaya. Allah … Continue reading »