arsip

Archive for

GKI, Sudahkah Menjadi Gereja Yang Mengindonesia

GKI, Sudahkah Menjadi Gereja Yang Mengindonesia?

Bicara  soal mengindonesia, tentu yang terpikir oleh kita adalah berbagai hal yang sesuai dengan konteks bangsa dan negara Indonesia. Apa yang sesuai dengan konteks bangsa kita saat ini? Kebanyakan orang berpikir bahwa masalah ekonomi, sosial, kesehatan, dll. adalah hal yang sesuai dengan konteks Indonesia. Masalah-masalah itu dipandang sebagai penghambat terwujudnya kesejahteraan rakyat. Namun tidak demikian … Continue reading »

Tuhan Melepaskan Ikatan Penghambat Hidup

Tuhan Melepaskan Ikatan Penghambat Hidup

Menarik untuk di simak, kisah Tuhan Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang sakit karena telah dirasuk roh selama 18 tahun (Lukas 13:10-17). Ada dua macam reaksi yang berbeda dari orang-orang yang menyaksikan peristiwa itu. Kepala rumah ibadat menjadi gusar karena Tuhan Yesus menyembuhkannya di hari Sabat. Sebaliknya perempuan itu memuliakan Tuhan atas apa yang telah dilakukan-Nya. … Continue reading »

Kristus Datang Untuk Membawa Pemisahan

Kristus Datang Untuk Membawa Pemisahan?

Pertanyaan di atas terjawab dalam bacaan Injil Leksionari kita Minggu ini (Lukas 12:51). Senada dengan ayat itu adalah Matius 10:34-36 “Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari … Continue reading »

Yakin Dan Taat Akan Janji Pemeliharaan Tuhan

Yakin Dan Taat Akan Janji Pemeliharaan Tuhan

Saat dalam perjalanan menjemput anak di sekolah, diangkot saya menyaksikan suatu pemandangan yang menyentuh hati. Seorang ibu duduk bersebelahan dengan seorang anak laki-lakinya yang berusia sekitar 9 tahunan. Anak laki-laki itu mengenakan kacamata hitam model sekarang. Dengan riang dia terus berceloteh dan bertanya ini-itu kepada ibunya. Ia bertanya, “bu, ini sudah sampai mana toh?” lalu … Continue reading »