arsip

Archive for

Disucikan Untuk Beribadah Kepada Allah Yang Hidup

Apakah Anda pernah mendengar soal benda atau tempat yang disucikan? Benda atau tempat tersebut dimandikan ataupun didoakan sebagai cara penyuciannya, misalkan saja sebuah keris yang disucikan dengan dimandikan menggunakan bunga dan ritual tertentu. Setelah penyucian itu, benda atau tempat tersebut dipandang telah terlepas dari hal-hal yang mengotorinya, yang tidak seharusnya berada pada dirinya, serta kembali … Continue reading »

Satu Tubuh Banyak Talenta Satu Hati Banyak Karya

Satu Tubuh Banyak Talenta, Satu Hati Banyak Karya

Pernahkah Anda masuk ke sebuah pabrik besar di mana terdapat banyak mesin yang beroperasi untuk memproduksi sebuah barang? Atau paling tidak pernahkah Anda melihatnya di tayangan televisi? Sebagai orang awam, kita pasti akan takjub melihat kinerja para mesin tersebut. Bagaimana bisa mesin yang satu terhubung dengan mesin yang lain lalu berjalan dengan sendirinya hanya atas … Continue reading »

Membela Yang Lemah

Membela Yang Lemah

Dewasa ini makin banyak LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang muncul di Indonesia. Pada tahun 2013 ada 65.000 LSM yang tercatat di Kementerian Dalam Negeri. Tentu saja masih ada lebih banyak yang belum mencatatkan diri. Ide pendirian LSM adalah untuk membela hak-hak rakyat yang belum bisa dipenuhi oleh negara. Sebagai lembaga swadaya yang didirikan oleh masyarakat, … Continue reading »

Merangkul Yang Berbeda

Merangkul Yang Berbeda

Setiap anak yang bersekolah di Indonesia pasti pernah belajar dan mengerti tentang semboyan Bhinneka Tunggal Ika: berbeda-beda, namun tetap satu jua. Banyak orang pun mengerti tentang filosofi pelangi, yakni bahwa pelangi itu indah karena terdiri dari banyak warna yang beragam. Bila di langit hanya ada satu guratan warna, tentu kita tidak akan menyebutnya pelangi dan … Continue reading »

Mencari Yang Tersesat

Mencari Yang Tersesat

Berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mengajari seorang anak belajar berjalan? Bisa berbulan-bulan lamanya hingga ia benar-benar bisa berjalan sendiri dengan tegak! Berapa lama waktu yang Anda luangkan untuk menyuapi seorang anak? Bisa jadi butuh satu hingga dua jam untuk menghabiskan seluruh makanan dalam sebuah piring kecil, masih ditambah dengan ekstra energi karena harus … Continue reading »