arsip

Archive for

Kegembiraan Hidup Di Dalam Tuhan

Yakobus 1:17-27  Sebagian manusia, seringkali mengukur kebahagiaan dan kegembiraan dengan materi yang nampak secara kasat mata (sehat, tanpa masalah, kehidupan berlimpah harta, memiliki barang dengan merek terkenal, dan banyak lainnya). Perlu kita sadari bersama, bahwa “materi” merupakan kenikmatan yang dunia tawarkan, yang seringkali membuat kita tidak pernah puas akan apa yang kita miliki. Kita selalu … Continue reading »

Merayakan Rumah Allah, Merayakan Kehidupan Bersama

1 Raja 8:22-30, 41-43    Bacaan I kita kali ini menceritakan mengenai kisah peresmian Bait Allah, yang dilakukan oleh Salomo, sebagai Raja muda pengganti Daud. Dalam doanya, Salomo memohon agar Allah berkenan hadir dan tinggal di Bait Allah (ayat 28). Menarik, karena dalam ayat sebelumnya Salomo pun  menyadari bahwa kuasa Allah tidak dapat dibatasi oleh … Continue reading »

Hiduplah Sebagai Orang Arif

Efesus 5:15-21 & 1 Raja-raja 3:3-14   “Janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada karena hari-hari ini jahat (Efesus 5:15-16)”. Kalimat berikut adalah penggalan nasihat Paulus kepada Jemaat di Efesus. Kata bebal dapat pula diartikan dengan orang bodoh; atau orang yang tak berakal. Makna bodoh di sini bukan hanya … Continue reading »

Membuang Akar Kepahitan

Efesus 4:25-5:2   Pernahkah saudara mengalami pedihnya difitnah, atau merasakan kekecewaan yang berat karena dikhianati?? Semua orang pasti pernah merasakannya. Menyakiti dan tersakiti merupakan hal yang mungkin terjadi dalam kehidupan kita, baik itu dalam kehidupan berkeluarga, relasi antar sesama, rekan kerja, bahkan rekan sepelayanan. Perkataan kasar, penghinaan, penghakiman, dan perbuatan melecehkan yang ditujukan kepada kita … Continue reading »