arsip

Archive for

Diberi Berbeda Agar Saling Memperlengkapi

Efesus 4:1-16   Kelima jari yang kita miliki, memiliki nama, bentuk, dan kegunaan yang berbeda. Ada yang lebih tinggi dari jari lainnya, sebaliknya ada pula yang diciptakan lebih pendek. Jempol/ ibu jari seringkali digunakan untuk menyanjung dan memberi pujian, telunjuk digunakan untuk menunjuk dan memberi perintah, jari tengah sebagai yang paling tinggi seringkali menjadi sombong, … Continue reading »

Kasih Allah Melampaui Yang Didoakan Dan Dipikirkan

Yohanes 6:1-21 Injil Yohanes adalah Injil yang ditulis dengan tujuan agar pembacanya “percaya bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah”, dan supaya iman pembaca “memperoleh hidup dalam nama-Nya” (Yoh 20:31). Maka dari itu, Injil Yohanes mengungkapkan beberapa “tanda-tanda” atau mukjizat-mukjizat yang membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias. Ada tujuh mukjizat yang dicatat di dalam Injil Yohanes. Bacaan kita … Continue reading »

Mengapa Kristus Meruntuhkan Tembok Pemisah?

Efesus 2:11-22  Apakah identitas Kekristenan yang sesunggunya, kasih atau perpecahan? Kasih sering kali dikumandangkan dari mimbar dalam khotbah-khotbah Ibadah Minggu dan lainnya, kasih juga sering dikumandangkan dalam lagu-lagu yang kita nyanyikan, bahkan di gereja, banyak program dan kegiatan yang dilakukan berdasarkan prinsip kasih. Namun di sisi lain, seiring dengan itu, perpecahan juga seringkali terjadi di … Continue reading »

Siapakah Raja Kemuliaan?

Mazmur 24, Efesus 1:3-14 Hari ini kita memulai ibadah dengan menyanyikan PKJ 9 yang berisi tentang pujian kepada Allah yang Maha Esa. Pujian tersebut dinyanyikan oleh para malaikat dan semua mahluk di bumi. Mazmur yang kita nyanyikan hari ini juga berisi pujian kepada Allah sebagai pencipta dan pemilik bumi. Hari ini, banyak sekali nyanyian yang … Continue reading »

Bermegah Dalam Kuasa Tuhan

2 Samuel 5:1-10 Pernahkah kita menghitung berkat Tuhan di saat hidup kita dilanda topan keras? Lagu yang kita nyanyikan hari ini, KJ 439 “Bila Topan K’ras Melanda Hidupmu”, adalah gubahan seorang yang betul-betul memaknai pertanyaan di atas. Dia adalah Johnson Oatman (1856-1922). Sejak kecil ia bercita-cita untuk menjadi penyanyi terkenal, namun usaha dalam mencapai cita-citanya … Continue reading »