arsip

Archive for

Ketaatan Yang Lahir Dari Kasih

Galatia 4:4-7, Lukas 2:22-40 Minggu lalu, kita belajar makna ketaatan dari Maria dalam melaksanakan karya Allah melaluinya. Pada minggu ini juga kembali belajar bagaimana ketaatan kita sebagai pengikut Kristus yang seharusnya lahir dari kasih. Oleh kasih Allah, kita semua diangkat harkat dan martabatnya. Sebagaimana dalam Galatia 4:7 yang mengatakan: ”Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan … Continue reading »

Belajar Setia Dari Maria

Lukas 1:26-38, 46-55 Seseorang bersedia untuk taat dan setia, biasanya jika dijanjikan kenikmatan hidup, kesuksesan, atau berkat lainnya. Kita harus diiming-imingi dahulu barulah mau taat dan setia. Jika hal itu tidak ada, dengan enteng kita mengatakan, “maaf saja tidak ada imbalannya!” Bisa juga, orang jadi taat dan setia menjalankan aturan agama, karena takut akan hukuman. … Continue reading »

Pemberita Yang Rendah Hati

Yohanes 1: 6-8; 19-28 Sebut saja Eyang Makmur, Eyang yang harus berurusan dengan hukum terkait dengan tuduhan dari beberapa selebriti tanah air. Konon, Eyang dituduh mengambil istri orang lain, mengajarkan ajaran sesat dan beberapa tuduhan lainnya. Lucunya, ada beberapa orang yang sepertinya memanfaatkan kesempatan ini untuk terkenal mendongkrak kariernya yang sudah meredup. Hal ini menjadi … Continue reading »

Peka Untuk Diperbarui

2 Petrus 3:8-15, Markus 1:1-8 Sudah tidak terasa kita memasuki minggu Adven kedua. Kalau kita boleh jujur, kita seringkali memandang minggu Adven hanya pertanda bahwa Natal sudah dekat. Dengan begitu, masa liburan dari pekerjaan dan anak sekolah pun juga sudah mendekat. Itu berarti sudah saatnya pula merencanakan liburan ke mana tahun ini. Minggu Adven juga … Continue reading »

Saat Allah Mengoyakkan Langit

Markus 13:24-37 Mari kita bayangkan jika di seluruh kota di dunia memiliki jam pasir yang menandakan akan datangnya hari Tuhan. Jam pasir itu semakin hari makin berkurang dan akan semakin menipis. Bagaimana perasaan kita? Pastilah itu hal yang mengelisahkan bukan?! Kiamat akan segera datang! Itu mungkin dalam pikiran kita semua. Hari Tuhan pada umumnya digambarkan … Continue reading »

Menjadi Sahabat Bagi Yang Hina

Kepemimpinan Kristen (4)  Matius 25:31-46 Tiap hari anda bekerja dari pagi sampai petang. Malamnya kumpul  bareng keluarga. Tiap Minggu beribadah di gereja. Rutin. Suatu hari anda meninggal. Saat bertemu Tuhan Yesus, Ia berkata: “Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang terkutuk…sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan… ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku … Continue reading »

Perempuan Sebagai Pemimpin

Kepemimpinan Kristen (3) Hakim-Hakim 4:1-7 Saat Fariana Dewi menyatakan minatnya bekerja di Angkatan Udara, orang mencibir: “Mana bisa perempuan jadi pilot?” Tetapi ia maju terus. Setelah ikut rekrutmen, mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan, akhirnya ia menjadi pilot helikopter pertama di TNI AU. Ia membuat banyak orang berdecak kagum. Seperti itulah Debora dan Yael. Mereka menolak … Continue reading »

Loyal Kepada Siapa?

Kepemimpinan Kristen (2) Yosua 24:1-3; 14-25 Hari Minggu ini, Pdt. Rick Warren berkotbah di 8 kota di Amerika, juga di Jerman, Argentina, Hong Kong, dan Filipina. Bagaimana mungkin? Gerejanya, Saddleback Church, berdiri di kota-kota itu. Tiap Kebaktian Minggu, kotbah Warren disiarkan lewat satelit. Alhasil, ia bisa memimpin ibadah di 12 gereja seluruh dunia; menyapa puluhan … Continue reading »

Pergantian Kepemimpinan

“Susi Pudjiastuti cuma lulusan SMP. Mana mampu jadi Menteri Kelautan dan Perikanan?” “Tim Ekonomi Jokowi diragukan.” “Puan tidak cocok jadi Menteri Sosial.” Komentar diatas muncul begitu Presiden Jokowi mengumumkan “Kabinet Kerja.” Mengapa publik sangat kritis menilai para menteri baru? Karena mereka sadar: ganti Menteri, ganti kebijakan. Menteri yang baik bisa menata negara jadi lebih apik. … Continue reading »

Dasar Keharmonisan Keluarga Kristen

Matius 22 : 37-40 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.  Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Dua perintah utama yang sering kita dengar namun sulit untuk dilaksanakan … Continue reading »