arsip

Archive for

Kasih Setia-Nya Lebih Baik Dari Hidup

Yesaya 63:7-9; Ibrani 2:10-18; Matius 2:13-23 Seorang sahabat menulis, “Sebagai manusia normal, kita setuju bahwa kesetiaan itu penting. Kita mencari pasangan hidup yang setia, pegawai yang setia, bahkan anjing peliharaan yang setia. Namun bukankah kesetiaan penting selama hal itu menguntungkan kita? Kita mengharapkan orang lain setia, tetapi kita sendiri belum tentu setia, khususnya jika itu … Continue reading »

Iman Datang, Ketakutan Hilang

Yesaya 7:10-16; Roma 1:1-7; Matius 1:18-25 Dua tahun lalu, saya merasa terusik ketika menyaksikan drama Natal di GKI Peterongan. Di sana dikisahkan lika-liku pergumulan Yusuf dan Maria ketika hendak menikah dan menggenapi rencana agung Allah. Saya jadi sadar, betapa banyak kisah natal sering luput dari perhatian kita. Minggu ini kita membaca lagi kisah kelahiran Yesus. … Continue reading »

Tetap Bergemar Di Masa Sukar

Yes. 35:1-10; Mzm. 146:5-10; Yak. 5:7-10; Mat. 11:2-11 Akhir-akhir ini saya sering mencermati paham ateisme. Dahulu saya kira mereka sombong, bodoh, dan tidak pernah membaca Alkitab. Walau memang benar sebagian dari mereka tidak peduli dengan kebenaran Alkitab, sebagian lagi tidak mempercayai Tuhan karena mendapati apa yang mereka ‘pelajari’ tentang Tuhan tidak sesuai dengan kenyataan hidup … Continue reading »

Buah Pertobatan Sejati

Yesaya 11:1-10, Roma 15:4-13, Matius 3:1-12 “Kapok lombok !” adalah sebuah ungkapan tentang rasa sesal karena berbuat, tetapi tidak lama lagi diulangi kembali. Pedas adalah rasa yang sedianya tidak nyaman. Tetapi apabila digabungkan dengan rasa yang lain seperti manis, asin, dan gurih, pedas akan menjadi sebuah gabungan rasa yang saling melengkapi, yang membuat si perasa … Continue reading »

Makin Dekat Jangan Makin Sesat

Yesaya 2:1-5, Roma 13:11-14, Matius 24:36-44 Di ulang tahun ketigapuluh saya memutuskan untuk menghadiahi diri sendiri sebuah polis asuransi. Saya menganggap ini penting karena dapat memberikan sebentuk ‘jaminan’ masa depan. Walaupun akhirnya saya tidak pernah sekalipun menikmati keuntungan polis itu, saya tidak menyesalinya karena itulah harga sebuah ‘jaminan’. Bacaan kita hari ini juga berbicara tentang … Continue reading »

Yesus Kristus, Raja Surgawi Sejati

Pada zaman ini, jika kita ditanya: “Bagaimana sikap Anda jika berjumpa dengan seorang pemimpin negara”, barangkali kita akan menjawab, “tergantung!” Ya, tergantung apakah pemimpin tersebut sudah melakukan tugasnya dengan baik, apakah dia memikirkan kesejahteraan rakyatnya, apakah dia seorang yang jujur dan baik hati, dan sebagainya. Kalau dia memenuhi kriteria pemimpin yang kita harapkan, tentunya kita … Continue reading »

Hari Tuhan : Berkah Atau Celaka?

Di dalam Alkitab, untuk menyebutkan tentang akhir zaman digunakan juga istilah hari Tuhan. Dengan istilah tersebut sebenarnya menjadi sangat jelas apa yang akan terjadi pada akhir zaman kelak, yakni kedatangan Tuhan Yesus kembali; hari di mana Kristus menyatakan diri-Nya sebagai Tuhan, Raja, serta Hakim atas seluruh alam semesta. Sayangnya, banyak orang – termasuk orang Kristen … Continue reading »

Allah Orang Yang Hidup

S’bab Dia hidup ada hari esok S’bab Dia hidup ‘ku tak gentar Kar’na ‘ku tau Dia pegang hari esok Hidup jadi berarti s’bab Dia hidup Kebanyakan dari Anda tentu mengenal lirik lagu tersebut. Namun tahukah Anda makna yang terkandung di dalamnya? Lagu ini mengandung sebuah pengakuan iman yang dalam, yaitu bahwa Yesuslah yang memegang hari … Continue reading »

Penerimaan Tuhan Mengubah Hidupku

Apakah Anda pernah berjumpa dengan orang-orang yang memiliki perilaku buruk? Misalnya orang yang mudah marah, melakukan kekerasan dalam rumah tangga, suka mabuk dan berjudi, malas bekerja/ belajar, dan lain-lain. Tentu rasanya menjengkelkan bila ada orang di sekitar kita yang berperilaku semacam itu, bukan? Apalagi kalau mereka adalah orang terdekat kita, seperti anggota keluarga atau teman … Continue reading »

Keluarga Allah Yang Menjadi Berkat

Waktu masih kuliah di STT, seorang teman datang kepada saya dengan wajah berseri. Dia bilang begini’ “Kak, hari ini saya senang sekali karena bisa berbagi dengan orang lain.” Ternyata hari itu setelah pulang pelayanan dia pergi ke tempat makan burger. Waktu dia mau memakan burgernya, dari jendela dia lihat ada seorang anak pengemis sedang mengintip. … Continue reading »