arsip

Archive for

Menjadi Kristen Yang Merendah Dan Pemurah

Dalam Lukas 14:1 Tuhan Yesus menghadiri sebuah perjamuan makan di rumah salah seorang pemimpin Farisi.  Ketika melihat banyak tamu yang berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan pada perjamuan itu, Yesus menyampaikan sebuah pesan tentang kerendahan hati (7). Yesus menyatakan bahwa kerendahan hati seseorang sangat berkaitan dengan perilaku yang ditunjukkannya. Perilaku orang-orang yang berlomba-lomba duduk di tempat terhormat … Continue reading »

Resolusi Pembebasan

Yer. 58:9-14, Mzm. 103, Ibr. 12:18-29, Luk. 13:10-17 Yesus adalah tokoh kontroversial pada jaman-Nya. Itu menurut para penguasa serta orang-orang di sekeliling penguasa yang pro status quo. Oleh sebab itu tindakan Tuhan Yesus meresahkan mereka. Yesus adalah Mesias yang membebaskan manusia dari belenggu dosa.Pembebasan messianis Yesus bukanlah semata-mata terarah pada kesalehan batin dan hal-hal yang … Continue reading »

Merdeka Dari Rasa Aman Palsu

Yer. 23:23-29, Maz. 82, Ibr. 11:29-12:2, Luk. 12: 49-56 Kemerdekaan, kebebasan, kondisi tidak terbelenggu dan tidak terpenjara, siapa yang tidak merindukannya? Semua orang, siapa pun dia, begitu menginginkannya. Oleh sebab itu, kemerdekaan diperjuangkan, bahkan hingga titik darah yang penghabisan. Apakah tiap-tiap warga bangsa telah mengenyam makna kemerdekaan? Kemerdekaan benar-benar merupakan kemerdekaan, jika ia memberi tempat … Continue reading »

Iman Yang Berharap Kepada Allah

Kej 15:1-16, Ibr 11:1-3, 8-16, Luk 12:32-40 Apa yang kita butuhkan untuk bisa bertahan hidup? Alkitab mengatakan dengan jelas bahwa ternyata kebutuhan primer saja tidaklah cukup untuk hidup sebagai orang benar. Untuk sekedar hidup di dunia mungkin ya, tetapi untuk dapat hidup sebagai orang benar, nanti dulu. Alkitab mengatakan ada satu hal lagi yang dibutuhkan … Continue reading »

Menemukan Hikmat Tuhan Dalam Kehidupan

Pkh. 1:2, 12-14, 2:18-23,  Luk. 12:13-21, Kol. 3:1-11 Dalam kehidupan ini apa yang paling didambakan oleh manusia? Jawabnya adalah kesuksesan. Tuhan Yesus mengajak murid-muridnya untuk menemukan hikmat dalam kehidupan ini melalui perumpamaan orang kaya yang bodoh. Gambaran tentang seorang pengusaha, atau seorang petani, yang sangat sukses. Dunia akan menilai dia sebagai orang yang sangat berhasil, … Continue reading »

Arsip