arsip

Archive for

Berpegang Teguh Pada Tugas Dan Panggilan Tuhan

Menurut KBBI, teguh artinya kuat berpegang, tetap tidak berubah. Ada satu hal atau pemahaman yang dipegang kuat dan tidak akan berubah selamanya. Dalam Yosua 24:1-2a, 14-18, Yosua menyuruh umat Israel memilih hendak beribadah kepada siapa: Allah Israel atau allah orang Amori. Yosua bukan hendak membuat pemilahan, tetapi  hendak mengetahui sejauh mana keteguhan Israel terhadap Allah … Continue reading »

Undangan Untuk Berhikmat

“Janganlah seperti orang bebal…” “Sebab itu janganlah kamu bodoh…” Dalam Efesus 5: 15-17 Rasul Paulus memperhadapkan dua fakta hidup: kehidupan orang bebal dan orang arif. Sebenarnya apa yang dimaksud bebal dan bodoh oleh Rasul Paulus? Apakah sama dengan bodoh secara intelektual? Menarik bahwa Rasul Paulus mengemukakan kata bebal dan bodoh dengan pemaknaan khusus. Bebal (asophoi) … Continue reading »

Roti Hidup Sumber Kekuatanku

Tidak sedikit orang berdiam diri ketika menghadapi masalah. Hingga suatu saat, tidak lagi mampu ia menahannya hingga memutuskan untuk bunuh diri. Mengapa bunuh diri bisa terjadi? Sebagian besar karena masalah tersebut disimpan sendiri, tidak diceritakan kepada teman atau keluarga. Terlebih dari semuanya, orang bisa bunuh diri karena merasa bahwa Tuhan yang Maha Kuasa dan Sumber … Continue reading »

Kristus, Roti Hidup

Makanan, oh makanan! Seberapa pentingnya efek makanan dapat terlihat jelas ketika orang kelaparan. Hebatnya efek lapar bisa kita temukan dalam kisah umat Israel yang bersungut-sungut terhadap Musa dan Harun, bahkan menuduh mereka hendak membunuh umat (Kel. 16:2-4,9-15). Namun Tuhan mendengarkan sungut-sungut mereka dan mengirimkan daging saat petang dan roti saat pagi. Roti Manna (Kel. 16: … Continue reading »

Arsip