arsip

Archive for

Lebih Dari Yang Kita Harapkan

Kita sebagai manusia adalah makhluk unik dengan sejuta keinginan dan harapan. Biasanya kita punya harapan tertentu atas apa yang akan terjadi atas diri kita atau orang lain. Kita berharap dapat sembuh total dari penyakit, mendapat pasangan sesuai keinginan kita, berharap gereja bertumbuh, Indonesia menjadi lebih baik, banyak harapan lainnya. Tentu tidak salah memiliki harapan, namun … Continue reading »

Hati Yang Berbela Rasa

Dewasa ini, “kemajuan” dan “perkembangan” menjadi kosa kata favorit untuk menggambarkan keadaan dunia. Dibanding puluhan tahun lampau, wajah dunia telah banyak berubah. Umat manusia bangga menyaksikan serta menikmati pencapaian di berbagai bidang. Namun di tengah hingar-bingar kemajuan tersebut, kita menyaksikan sebuah ironi. Ilmu pengetahuan semakin berkembang, teknologi makin canggih, tetapi manusia belum dan tidak akan … Continue reading »

Berani Menyatakan Kebenaran

Sebagian besar dari kita pasti tidak asing dengan pepatah kuno berbunyi “diam itu emas.” Tentu “diam” yang dimaksudkan di sini adalah tidak berbicara. Memang banyak bicara dapat menunjukkan kebodohan, bahkan mendatangkan kesalahan (kita berdalih: “keceplosan”). Berdiam kadang merupakan sikap yang bijak—mengingat kecenderungan kita berkata-kata jahat. Di saat kita tersinggung dan diliputi amarah, tentu lebih baik … Continue reading »

Setia Menjalani Panggilan

Kesetiaan mungkin menjadi sebuah hal yang langka kita temukan sekarang. Pernyataan ini diperkuat dengan banyaknya fenomena perceraian yang sering kita dengar, baik itu perceraian para artis yang kita lihat diinfotainment atau lirik-lirik lagu para seniman musik Indonesia yang sering mengangkat tema perselingkuhan sebagai topik utamanya. Sekarang, kesetiaan tampaknya bukanlah merupakan hal yang penting lagi. Kesetiaan … Continue reading »

Arsip