arsip

Archive for

Bukan Sekedar Hosana

Yes 50 : 1-9, Fil 2: 5-11 Markus 11:1-11 Betapa banyak orang yang dengan antusias berseru, “Hosana!” pada hari Minggu Palma, tetapi beberapa hari kemudian mereka berteriak, “Salibkan Dia! Salibkan Dia!” Sebagian orang mungkin sangat kecewa, bahkan marah, karena Kristus tidak menggunakan kuasa mukjizat-Nya untuk mendirikan kerajaan duniawi. Bukankah dengan diarak masuk ke Yerusalem, Dia … Continue reading »

Memuliakan Allah Dalam Penderitaan

Tubuh saya masih lemas akibat demam tinggi dan mual, ketika  dosen itu datang membesuk ke Rumah Sakit Adven, Bandung. Sudah tiga hari saya dirawat. Kena demam berdarah. Di bangsal berisi 8 orang itu, saya didoakan. Lalu ia berbisik: ”Kalau sudah baikan, tengoklah pasien-pasien lain di sini. Ajak ngobrol. Siapa tahu, ada yang mau didoakan.” Ide … Continue reading »

Menyambut Kasih Karunia Allah

Bil 21:4-9; Efe 2:1-10; Yoh 3:14-21 Apa yang anda rindukan setiap pulang ke rumah? Ada yang menyambut. Betapa menyenangkan melihat pasangan atau anak-anak berteriak antusias: “Papa/mama pulang!” Bagi saya, peran seksi penyambutan dijalankan oleh kedua anjing peliharaan. Mereka selalu menggonggong, mengibaskan ekor dan mengangkat kedua kaki depannya untuk menyambut saya. Sang penyambut  rela berhenti sejenak … Continue reading »

Era Baru, Cara Hidup Baru

Keluaran 20:1-17, 1 Korintus 1:18-25, Yohanes 2:13-22 Tren gaya hidup dunia selalu berubah sesuai perkembangan zaman. Selalu terjadi ketegangan antar hidup kekristenan dengan gaya hidup dunia. Untuk menyiasatinya, sebagian orang Kristen terus melawan. Sebagian lagi mencoba untuk berkawan. Mereka yang  berkawan mengatakan, perkembangan zaman dan fenomena yang mengikutinya tidak bisa dilawan. Ia justru harus dipergunakan. … Continue reading »

Perjalanan Penderitaan

Penderitaan. Jalan salib. Kata-kata ini tidak enak didengar, tetapi sering dikotbahkan dari mimbar gereja. Tidak heran, dalam 40 tahun terakhir muncul banyak gereja baru yang berusaha menampilkan iman Kristen minus penderitaan. Yang diberitakan dari mimbar melulu soal berkat melimpah, karunia, dan kemenangan dalam Yesus… tanpa jalan salib! Ajaran semacam ini lebih populer dan diminati. Cocok … Continue reading »