arsip

Archive for

Menanti Tanpa Menjadi Lengah

Mrk. 13 : 24 – 37 Awal minggu ini, pecinta sepakbola tanah air kembali dilanda kekecewaan besar. Timnas sepakbola Indonesia U-23 akhirnya kalah (lagi) dari Malaysia. Gagal meraih medali emas Sea Games, yang lama dinantikan selama 20 tahun. Keesokannya, analis dan komentator media cetak dan audio visual berebut mencerca dan membela. Salah satu analis berkata, … Continue reading »

Dia Yang Datang Adalah Raja Yang Menghakimi

Matius 25: 31 – 46 Minggu ini kita dikejutkan oleh pengakuan seorang mantan narapidana yang membagikan pengalaman betapa “nyaman”-nya kehidupan mereka di penjara. Sebuah televisi swasta nasional bahkan memberi tajuk “Surga di Penjara” pada siaran berita mereka. Selain itu banyak kenyataan berbicara bahwa terpidana kasus pengedar narkoba saat masuk penjara dapat “memberikan les privat intensif” … Continue reading »

Meningkatkan Spiritualitas Untuk Menyambut Kedatangan-Nya

Matius 25:14-30 Sebelum mengenal Kristus, saya memandang Tuhan seperti seorang Bapak tua raksasa berjubah dan berjenggot putih, yang mampu melihat dan mencatat perilaku umat manusia secara rinci. Entah darimana saya memperoleh gambar ini. Yang pasti, saya memandang hidup adalah soal upah dan hukuman (reward and punishment). Tidak ada anugerah. Utuk setiap perbuatan tercela yang kita … Continue reading »

Mempersiapkan Hari Esok, Menyadari Kekurangan Hari Ini

Beberapa tahun yang lalu saya bercakap-cakap dengan seorang teman. Saya menanyakan mengapa sudah lama tidak terlihat beribadah. Jawabnya mengejutkan, alih-alih mengira dia pindah beribadah di gereja lain, memang dia sudah lama tidak beribadah. Muak melihat kehidupan para aktivis gereja yang bertolak belakang dengan “wajah” mereka di gereja. Pada saat yang sama, rekan bisnis di luar gereja lebih “jujur” dengan kehidupan … Continue reading »